62 Hektar lahan kritis dihijaukan

Kragan-Kelompok tani Bangun Karya desa Watu Pecah bekerja sama dengan BPP Kecamatan Kragan telah berhasil menghijaukan Lahan kritis di desanya. Penghijauan dan konservasi lahan kritis merupakan upaya kelompok tani dan Balai penyuluh pertanian BPP dalam menjaga keseimbangan sumber air dan mengembalikan fungsi lahan tersebut sebagai daerah resapan air dan penahan longsor.

Ketua kelompok Tani Bangun Karya Ismu mengatakan, dalam program penghijauan yang di mulai pada akhir bulan Nopember 2011, Poktan Bangun Karya menghijaukan lahan krirtis seluas 62 Hektar, dengan di tanami 1000 bibit nangka dan 50 ribu bibit sengon laut, Dengan bimbingan tehnis penanaman dan perawatan dari pihak BPP, Hasilnya 95% sudah tumbuh dengan baik.


Ismu menambahkan akan terus menjaga keberadaan lahan kritis yang telah di hijaukan, ke depan akan berupaya kembali menghijaukan lahan kritis yang ada di desa Watu, Terutama untuk penanggulangan tanah longsor di karenakan desa Watu pecah masuk dalam kategori rawan tanah longsor di kecamatan Kragan karna letak geografis di lereng pegunungan. (Heri )