Perbedaan Intan dan Berlian

Perbedaan intan dan berlian bagi orang awam sangat sulit dibedakan, padahal keduanya memiliki tampilan yang jauh berbeda. Untuk mengatuhi dimana letak perbedaan antara keduanya, silahkan anda simak penjelasan singkat dibawah ini.


Pengertian dari intan merupakan salah satu jenis bahan tambang atau bahan galian, yang belum mengalami proses penggosokan karena baru saja diperoleh dari hasil penambangan intan. Artinya intan ini masih mentah dan belum mengalami pengerjaan gosok dan cutting untuk kemudian dijadikan sebagai perhiasan.

Sedangkan pengertian dari berlian merupakan sebuah intan yang telah mengalami pengolahan melalui proses penggosokan dan telah dibentuk sehingga siap untuk dijadikan batu perhiasan yang digunakan untuk gelang, kalung, cincin, dan perhiasan lainnya.

Jadi perbedaan antar intan dan berlian terletak pada prosesnya. Intan belum diproses, sedangkan berlian sudah diproses. Atau dengan kata lain intan merupakan bahan dasar untuk pembuatan berlian.

Salah satu kota penghasil intan ialah kota Martapura, provinsi Kalimantan Selatan sehingga dikenal sebagai kota Intan. Karena di martapura banyak tempat penambangan intan, serta banyaknya pengrajin yang terampil dalam penggosokkan intan menjadi berlian.

Selain intan dan berlian, masih banyak batu mulia lain yang biasa dijadikan sebagai hiasan dan termasuk peluang bisnis yang cukup menggiurkan diantaranya adalah batu akik, yakut, merah, zamrud, barjad, kecubung, dan sebagainya.