Reguk Manisnya, Nikmati Manfaatnya


Oleh :ICHSAN KURNIAWAN
Beberapabulan lalu saat mengikuti penilaian lomba nagari/ desa di Nagari Sungai Landia,Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, pihak nagari selaku tuan rumah menyajikanminuman khas produk nagari tersebut yakni tebu asam. Minuman tersebut memangmenjadi ciri khas karena potensi wilayah nagari/desa Sungai Landia adalahkomoditi tebu. Produk utama nagari ini yakni gula merah (saka). Walaupun masihdiolah dengan kilangan tradisional, namun produk saka masih merupakan produkunggulan wilayah ini.
 Akhir-akhir ini muncul varian produk olahankomoditi tebu. Produk tersebut berupa minuman tebu panggang atau tebu asam.Minuman ini menjadi minuman kesehatan bagi masyarakat umum yang katanya bisamengobati penyakit seperti radang tenggorokan dan batuk. Sebenarnya produktersebut bukanlah produk yang sepenuhnya baru dari komoditi tebu, namunmerupakan modifikasi dari bentuk usaha minuman air tebu yang telah biasadijumpai. Saya ingat sekali waktu saya kecil, orang tua sering membelikanminuman air perasan tebu (air tebu) yang dijajakan di pasar. Air tebu tersebutdicampur dama atau juga daun kacang.
Sebenarnyamanfaat tebu sangat beragam. “Orang tua tua” kita zaman dahulu sebenarnya jugatelah mewariskan secara turun temurun pengetahuan tentang manfaat tebu/ “airperasan tebu” kepada kita. Contohnya saja saat ini diwaktu anak-anak demam, ibuselalu menganjurkan saya untuk membeli dan memberikan minuman tebu sebagai obat penurun demam/ panas badananak. Dan sampai hari ini hal itu cukup terbukti karena sebelum mengambilkeputusan memberikan obat panas dari produk medis sintetis, saya selalu mencobameredakan panasnya secara alami misalnya dengan minuman tebu tersebut.
Dariberbagai penelitian yang telah dilakukan komoditi tebu ternyata menyimpansegudang manfaat. Berikut beberapa manfaat dari tebu dalam membantu mengatasimasalah penyakit sehari-hari :
-       Obat Demam/ Pereda Panas, bentuk konsumsinya adalah air perasantebu. Jika kita mempunyai atau justru berkebun tebu, tinggal ambil beberaparuas tebu untuk diperas dan diminum airnya.
-       Obat Batuk, jugasama dengan obat demam/ pereda panas.
-       Obat Mimisan, untukobat mimisan bagian yang diambil adalah bagian ujungnya dan direbus dalam air.Air rebusan tersebut diminum.
-      Obat Masuk Angin, untuk obat masuk angin ini bagian yang diambil bukan batang tebunyamelainkan daunnya 3-5 helai yang kemudian direbus dalam air. Air rebusantersebut disaring dan diminum sehari 3 kali.
-       Penguat Gigi, untuk memelihara kesehatan gigi,air perasan tebu yang disajikan dalam bentuk minuman dan ditambahkan air jeruknipis dapat membantu dalam menguatkan gigi.
-       Pereda jantung berdebar dan susahtidur, selain air tebu, untuk permasalahan jantung berdebar meminum bagian 3genggam akar tebu yang direbus dengan 2 gelas air dan disaring dapatmenormalkan pacuan denyut jantung.
Selain beberapa manfaat di atas, komoditi ini juga“manis” untuk memelihara tubuh dari penyakit-penyakit yang agak tergolong beratdi antaranya : kanker payudara, prostat, dan pencegah penyakit stroke. Hal ini tentu saja dilakukan dengan meminum/konsumsi air tebu secara rutin dalam membantu menjaga metabolisme dan aktivitastubuh agar tetap normal dan berjalan baik.