Pembuatan jalan Tembus

Sarang-Jalan menjadi prioritas utama dalam pembenahan sarana dan prasarana yang ada di desa Sendang Mulyo kecamatan Sarang, di karenakan jalan merupakan sarana yang fital bagi warga desa dalam melakukan aktifitas kerja dan membantu memperlancar arus perekonomian desa.


Kepala Desa Sendang Mulyo Kecamatan Sarang Ahmad gufron mengatakan, pihak desa telah membangun akses jalan tembus yang menghubungkan desa sendang mulyo dengan jalan raya Sedan Sarang. sebelum di bangun jalan tersebut merupakan jalan setapak yang sulit di lalui kendaraan roda dua , maupun roda empat.


Pada pembangunan tahap awal jalan tersebut hanya di Pasir dan batu (sirtu) dengan maksud untuk mengetahui tektur tanah sebelum di lanjutkan ke pengaspalan dan ke makadam.


Ahmad Ghufron menambahkan jalan dengan panjang 291 meter dengan lebar 2 meter, merupakan jalan pintas . Karena warga desa sendangmulyo sebelumnya harus menempuh perjalanan 1,5 kilometer untuk mencapai jalan raya sarang Sedan. Dengan adanya pembangunan jalan tersebut, warga hanya menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 300 meter untuk sampai di jalan raya.


Banyak keuntungan yang di dapat warga jarak dan waktu tempuh bisa lebih pendek, di samping itu jalan tersebut juga untuk jalan pengangkutan hasil pertanian di karenakan di sisi kanan dan kiri jalan banyak kebun mangga dan lahan pertanian tadah hujan yang banyak di tanamai padi. Jalan yang di bangun dengan dana 23 juta lebih dan dibantu Swadaya dari warga merupakan pengembangan dari Program Nasional Pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (PNPMMD) tahun 2011. (Heri )