Corak Batik kemadu dikembangkan

Sulang-Warga belajar dari desa Kemadu Kecamatan Sulang yang beberapa hari lalu mengikuti kursus kewirausahaan desa ( KWD ) melalui pelatihan membatik akan terus dipantau eksistensinya.


Warga belajar yang berkecimpung dalam kegiatan membatik ciri khas batik tulis desa Kemadu perlu mendapatan perhatian dan motivasi untuk mengembangkannya. Terutama masalah tehnik pewarnaaan, desain motif dan tehnik pencantiknya.


Kepala desa Kemadu Muhklisin mengatakan, ciri khas batik tulis desa Kemadu ini merupakan perpaduan corak antara batik Yogyakarta dengan batik lasem. Menurutnya, desa Kemadu yang tahun ini merupakan salah satu desa vokasi di Kabupaten Rembang perlu meningkatkan potensi yang ada di desa. Salah satunya melalui pelatihan kewirausahaan desa dengan kegiatan membatik kepada masyarakat desa


Ditambahkannya, setelah masyarakat memiliki ketrampilan nantinya diharapkan dapat mengembangkan usahanya untuk menambah income bagi keluarga. Rencananya pihak desa akan mengagendakan menggelar gelari batik tulis desa Kemadu di sekitar balai desa setempat. Tujuannya untuk mengenalkan produk produk batik tulis desa Kemadu kepada masyarakat umum. ( faris )