IB Targetkan 90 persen

Rembang-Dinas pertanian dan kehutanan kabupaten Rembang tahun 2012 menargetkan Populasi ternak sapi melalui Inseminasi Buatan (IB) bisa meningkat menjadi 90 persen dari sebelumnya sekitar 85 persen.


Kepala Bidang peternakan Derev Neti Nursiswanti mengatakan, harapannya target 100 persen bisa tercapai, namun sulit terpenuhi karena tehnologi IB oleh petani peternak masih belum terjangkau di daerah terpencil, disamping itu masih adanya kawin alami. Sedangkan Kelemahan kawin alami ini bisa berdampak mengganggu sapi jantan induk, dan apabila sapi jantan induk sering untuk kawin bisa tertular penyakit.


Derev neti menjelaskan, tercatat populasi ternak sapi di wilayah kabupaten rembang hingga akhir tahun 2011 sekitar 152.680 ekor dengan Betina produktif sekitar 90-an ribu ekor. Tahun ini harapannya aseptor sapi betina pada IB bisa meningkat dari tahun sebelumnya yakni 55 ribu ekor menjadi 65.ribu ekor lebih.


Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani peternak. Apalagi Kabupaten Rembang juga masuk empat besar populasi ternak di jawa tengah selain Kabupaten Blora, Purwodadi dan Wonogiri. (fandi )