Pilih Karyawan yang Tepat untuk Branding

Views :288 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 30 Januari 2012 10:02
brandingBahkan upaya-upaya branding yang paling cerdas dan harmonis pun bisa disabotase oleh seorang karyawan yang memiliki keterampilan yang kurang memadai atau pegawai yang berperilaku kurang pantas. Karyawan di garda depan sangat penting artinya bagi otentisitas brand Anda di mata masyarakat.

Saat memungkinkan, pekerjakan seseorang yang memiliki latar belakang sebagai pelanggan setia brand Anda. Mungkin kiat ini terdengar aneh tetapi alasannya adalah karena brand Anda akan bisa terwakili lebih baik dan lebih positif di mata konsumen saat brand dibawakan oleh seseorang yang sudah mencintai brand itu sedemikian setianya. Perannya sama pentingnya dengan seorang brand ambassador.

Tetapi bagaimana jika Anda tak bisa temukan pelanggan setia Anda yang bersedia untuk bekerja dalam usaha Anda? Setidaknya, Anda harus mencoba untuk merekrut karyawan dari segmen yang sama. Misalnya jika produk atau jasa Anda menyasar segmen wanita lajang muda umur 20-30 tahun, carilah orang dengan kualifikasi yang memadai dengan rentang usia yang serupa, meski kecintaan pada brand Anda tidak sebesar yang dimiliki seorang konsumen setia.

Orang lebih menyukai untuk membeli dari orang lain yang memiliki kemiripan dengan mereka. Mereka berbicara bahasa yang sama, berbagi nilai dan prinsip yang sama pula dan merasa lebih mudah untuk membangun sebuah koneksi emosional. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/14746-siapa-yang-definisikan-brand-anda.html