Kunci Keberhasilan Budidaya Ikan Hias : Kondisi Larva

Kondisi Larva

Larva yang baru menetas sangat peka terhadap lingkungan seperti suhu, sinar matahari, dan kualitas air. Untuk itu, sebaiknya larva diperlakukan secara hati-hati, terutama saat mengganti air. Penggantian air ini dilakukan setelah larva mulai berenang. jumlah air yang diganti tidak lebih dari separo.

Terutama bila menggunakan obat antijamur saat penetasan, airnya harus secepat mungkin dihilangkan dengan cara setiap hari diganti. Obat antijamur seperti metil biru dalam kadar pekat yang berada dalam air kotor lebih dari seminggu akan bereaksi menjadi komponen kimia berbahaya bagi larva sehingga mempercepat naiknya amonia. Kualitas air ini harus terjaga, terutama suhunya antara 26-29° C yang umum untuk ikan-ikan tropis.


Pakan jangan terlambat diberikan ke larva. Larva yang kurang pakan akan mudah mati. Beberapa jenis ikan yang kanibal malahan dapat saling menggigit bila lapar sehingga cukup banyak larva yang mati. Masa kritis larva biasanya saat akhir metamorfosis atau saat tumbuhnya sirip.

Kolam untuk pemeliharaan larva yang memakai tanaman air biasanya terdapat banyak hama larva seperti kalajengking air dan larva capung. Hama ini senang hidup, tumbuh, dan berkembang di akar tanaman air. Kalau air selalu bersih, hama akan enggan berkembang. Untuk itu, air kolam perlu sesering mungkin diganti.

Penggantian air kolam memerlukan teknik tersendiri agar larva tidak ikut hanyut. Penggantian air dilakukan dengan membuka saluran pembuangan. Di mulut saluran sudah dilengkapi saringan halus.

Bila larva akan dipindahkan, sebaiknya dilakukan 2-3 hari setelah larva mulai berenang dan sudah mulai makan 1-2 hari. Larva yang sudah mulai makan biasanya mulai kuat. Memindahkannya saat pagi hari sebelum pemberian pakan. Pemindahan dilakukan dengan menyerok larva menggunakan mangkok atau sendok besar. Sebaiknya larva tidak dikeluarkan dari air.

sumber : Darti Satyani Lesmana, Iwan Dermawan, Penebar Swadaya, 2006