Menangkap Peluang Bisnis Aplikasi Mobile


Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Selasa, 28/02/2012 16:53 WIB


SpeedUp Studio9 (dok.MLW)
Jakarta - Gartner dari hasil risetnya memprediksi dalam dua tahun mendatang, 2014, akan ada lebih dari 70 miliar download aplikasi mobile dari toko aplikasi (apps store) setiap tahunnya.

Dan pastinya, toko aplikasi yang lengkap merupakan syarat untuk bisa sukses di pasar konsumen mobile saat ini.

Peluang bisnis itu juga coba diraih oleh sejumlah perusahaan di Indonesia. SpeedUp dari MLW Telecom, misalnya, yang coba merintis bisnis aplikasi mobile lewat apps store yang ditanamkan pada modem seluler 3G miliknya.

Tentu, untuk bisa menggarap bisnis ini, SpeedUp tak bisa sendirian. Maka digandenglah mitra yang bisa ikut mengembangkan ekosistem bisnis dari aplikasi mobile ini.

"Kami menggandeng operator seluler Telkomsel dan vendor teknologi ternama Intel," kata Rahmad Widjaja Sakti, Direktur Produk dan Marketing PT MLW Telecom, kepada detikINET, di Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Ia menjelaskan, Telkomsel merupakan mitra ekslusifnya sejak lama dalam hal bundling modem internet 3G. Selain itu, dalam bisnis aplikasi mobile ini, Telkomsel juga punya T-Cash yang bisa dimanfaatkan untuk metode pembayarannya.

Sedangkan Intel, ikut andil dalam mengembangkan apps store yang dibangun oleh SpeedUp.

Studio9

Fitur Studio9 sendiri merupakan layanan One-Stop-Shop toko aplikasi online terintegrasi bagi para pengguna modem SpeedUp.

"Melalui kolaborasi SpeedUp AppsStore dengan Intel AppUp, SpeedUp dapat menghadirkan layanan aplikasi terintegrasi, secara efisien, satu hal penting yang sangat diperlukan oleh pasar digital saat ini," ujarnya.

Sejak diluncurkan November 2011 tahun lalu, kata Rahmad, Studio9 terus mengalami peningkatan hits setiap bulannya.

"Berdasarkan data riset internal, per Januari 2012, Studio9 telah diakses sebanyak 182.251.034 pada bulan tersebut, lebih dari 1.000 games dimainkan, dan lebih dari 1.500 konten diakses setiap hari," ungkapnya.

Untuk memperkaya konten aplikasi yang ditawarkan, SpeedUp memperkenalkan fitur baru di dalam Studio 9, yaitu Studio Magz dan Studio Social. Fitur ini melengkapi fitur-fitur lain yang sudah ada seperti Studio Music, Studio Books, Studio News, Studio Games, dan SpeedUp Apps Store.

"Kedua fitur baru ini diharapkan dapat membuat pengguna Studio 9 menjadi lebih leluasa menikmati fitur lifestyle yang ada," kata Rahmad.

Di dalam fitur StudioSocial, akses Facebook dan Twitter ditawarkan dalam satu interface. Fitur ini dinilai penting, karena menurut statistik sosial media yang dirilis Socialbakers, Indonesia merupakan pengguna Facebook terbesar kedua di dunia.

"Saat ini ada 40.515.180 pengguna bahasa Indonesia di Facebook pertengahan Oktober 2011. Ini merupakan lonjakan lebih dari 4,7 juta pengguna dibandingkan pada Maret 2011," ucap Rahmad.

"Hasil ini ditambah dengan kenyataan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia telah meningkat dari 14,1% pada Maret 2011 untuk 21% tweet, menurut penelitian yang dilakukan oleh Nielsen," lanjutnya.

Masih mengutip data dari Socialbakers, 89% pengguna Facebook di Indonesia berada di bawah usia 35, dengan mayoritas berasal dari kisaran 18 sampai 24 tahun dengan persentase 41%. Pertumbuhan terbesar pengguna antara Juli 2011 dan Oktober 2011 juga datang dari kelompok 18 sampai 24 tahun.

Sedangkan dalam fitur StudioMagazine, SpeedUp coba menawarkan alternatif bacaan yang sifatnya Go Green dan bisa menghemat biaya 80% dari harga normal majalah cetak.

Dalam aplikasi Studio Music, berbagai macam tipe musik disediakan, mulai dari genre Pop, Dance, Jazz, R&B, Rock, Reggae,Rap & HipHop, Blues, Kids Song hingga Klasik.

"Aplikasi ini menyediakan lebih dari 530.000 judul lagu, baik itu dari Indonesia, Korea, Barat hingga Indie. Hanya dengan satu klik mereka dapat memilih musik yang ingin mereka nikmati, dan ini semua legal," kata Rahmad.

Studio Music juga menyediakan official video klip dan lirik lagu terbaru dari berbagai macam artis favorit.

Dalam kerja samanya dengan Telkomsel, pengguna kartu itu akan mendapatkan akses gratis unlimited selama 30 hari untuk pengguna modem SpeedUp tipe SpeedUp Lifestyle dan SpeedUp Pro.

Aplikasi Lain

Games merupakan hiburan favorit yang sangat disenangi saat ini, mengingat games merupakan permainan yang dapat dinikmati sendiri ataupun bersama rekan-rekan di kala waktu senggang.

Studio Games, terang Rahmad, menyedikan akses gratis ke ribuan games seperti Urban Fat Burner, Pacman, Casino, Racing dan banyak games lainnya. Semua pengguna modem SpeedUp mendapatkan akses gratis ke semua jenis games.

Aplikasi lain juga ditawarkan melalui Studio Ebooks yang memudahkan pengguna mencari dan membaca ribuan eBooks di dalamnya, serta Studio News untuk memantau perkembangan berita terkini.

Di dalam SpeedUp Apps Store yang didukung teknologi Intel AppUp, terdapat lebih dari 5.000 aplikasi gratis dan sebagian merupakan aplikasi yang digemari para konsumen seperti Will I Am, Fruit Ninja, Angry Birds serta MixMan (Music Apps).

"80% dari aplikasi tersebut tersedia secara gratis. Para pengguna juga bisa mendapatkan ribuan aplikasi yang bisa diunduh langsung ke PC ataupun perangkat lainnya yang menggunakan modem," pungkas Rahmad.

( rou / rns ) 

Sumber:
http://inet.detik.com/read/2012/02/28/165328/1853737/317/menangkap-peluang-bisnis-aplikasi-mobile