Kerugian Puting Beliung Rp 400 Juta

Kejadian angin puting beliung di Desa Padengan Ploso Kecamatan Pucuk 17 Februari lalu kerugiannya ditaksir mencapai Rp 400 juta. Meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, untuk meringankan beban mereka, Pemkab Lamongan telah memberikan bantuan makanan siap saji sebanyak 204 paket serta 5 ton beras.
            Estimasi kerugian tersebut seperti disampaikan Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamongan Suprapto melalui Kabag Humas dan Infokom M Zamroni kemarin. Menurutnya, selain melakukan pendataan penduduk yang terkena bencana, pihaknya juga telah menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemkab Lamongan.
            Berdasarkan pendataan yang dilakukan bersama-sama dengan Camat dan Muspika Pucuk, didapati 600 rumah penduduk dan dua gedung SDN, satu gedung MI dan dua gedung MTs terkena angin puting beliung.
            Dengan rincian, empat unit rumah rusak berat, 10 unit rusak sedang, 586 unit rusak ringan. Kemudian dua unit SDN mengalami rusak berat, satu ruang MI rusak ringan dan satu ruang MTs juga rusak ringan.
            Dikatakan Suprapto, untuk warga yang rumahnya mengalami rusak berat dan sedang sudah diusulkan untuk menerima bantuan tambahan. “Bantuan makanan siap saji sebanyak 204 paket serta 5 ton beras yang sudah diberikan semoga dapat meringankan beban warga yang mengalami kesusahan, “ ujarnya.