Kultur Kutu Air | Moina | Dapnia

Kutu Air
Bagi pembudidaya ikan hias jenis kecil seperti cupang dan sejenisnya, kutu air sangat di perlukan bagi kelangsungan usaha pembibitan, namun ada kalanya kutu air sulit diperoleh, terutama oada musim-musim hujan, maka untuk mengatasinya, kita dapat melakukan Kultur kutu Air sendiri

Wadah untuk kultur moina dan daphnia (kutu air) dapat berupa bak semen, plastik, fiberglas atau kolam tanah yang telah di keringkan.

Media untuk kultur moina dan daphnia berupa air tawar yang dicampur potongan jerami sebanyak 0.2 gr/l dan pupuk kandang 0.2 gr/l. Dapat pula ditambahkan bungkil kedelai dengan jumlah yang sama. Media ini diaerasi selama 2 minggu sampai air berwarna coklat.

Bibit moina dan daphnia di tebarkan dengan kepadatan 30 ekor per liter. Bibit moina dan daphnia ini dapat diperoleh di perairan atau tempat pembenihan ikan. Jika berhasil, dalam 7 hari moina dan daphnia dapat dipanen.

Agar moina dan daphnia tetap melimpah dalam waktu yang lama, lakukan pemupukan ulang. Pemupukan dilakukan kira-kira seminggu sekali sebanyak setengah dari pemupukan pertama.-