3 Cara Berjejaring dengan Lebih Baik

3 Cara Berjejaring dengan Lebih Baik Views :320 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 27 Februari 2012 16:25
tanganKata “jejaring” membuat banyak orang segan dan enggan. Namun saat mencari sebuah peluang bisnis, berjejaring dengan pihak lain adalah sebuah keharusan. Berikut ialah 3 langkah untuk meningkatkan cara berjejaring:

Dengar orang lain, jangan narsisInilah kesalahan yang paling sering ditemui. Mungkin saja Anda menjual segala kelebihan sebagai pebisnis namun jangan sampai Anda terlalu berfokus pada diri sendiri hingga orang yang Anda ajak komunikasi hanya menjadi pendengar setia. Daripada memuji-muji diri sendiri, cobalah untuk bicarakan tentang prestasi Anda. Hasil nyata akan berbicara lebih lantang daripada sekadar kata-kata bombastis.

Jangan takut meminta dan bermurah hatiBerjejaring ialah sebuah kegiatan transaksi. Jika Anda membutuhkan sesuatu dari seseorang, jangan ragu untuk meminta. Tawarkan bantuan sebagai balasan. Suatu saat nanti bisa jadi Andalah yang membutuhkan pertolongannya.

Selalu katakan “terimakasih”

Apakah seseorang memberikan Anda 5 menit atau 5 jam waktu mereka yang berharga, selalu berperilaku sopan. Kirimkan artikel menarik atau undangan acara yang relevan seiring dengan ucapan terimakasih Anda.

*) Diadaptasi dari “6 networking Mistakes and How to Avoid Them” oleh Gill Corkindale

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/14777-3-cara-berjejaring-dengan-lebih-baik.html