Tingkatkan Produktivitas Saat Email Tak Bisa Diakses

Views :137 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 27 Februari 2012 11:09
emailPernahkah Anda mengalami hal yang menjengkelkan seperti saat email tak bisa diakses karena sistem sedang alami penurunan (down)? Mungkin semua ini orang pernah mengalami hal ini. Reaksi pertama jika mengalami hal ini mungkin adalah keluhan. Tapi keluhan tak akan hasilkan apap-apa. Produktivitas bisa tersita karenanya.

Untuk itulah, manfaatkan ‘bencana’ kecil ini sebagai sebuah peluang untuk melakukan hal lain yang tak kalah produktif. Manfaatkan celah ini dan tingkatkan produktivitas dengan melakukan satu atau beberapa hal berikut ini:

Hubungi klien atau rekan kerja

Hubungilah seseorang yang emailnya harus Anda balas.Angkat telepon untuk membiacarakan hal penting yang harus segera dibalas via emai. Anda bisa juga mampir di kantornya. Ia juga akan menghargai usaha ekstra yang dilakukan.

Organisir

Pada hari-hari kerja biasa, hampir mustahil untuk menyisihkan waktu barang 1 atau 2 jam saja untuk merapikan tempat kerja Anda. Gunakan waktu down-nya sistem ini sebagai waktu untuk rapikan meja kerja Anda dan mengatur dokumen kerja Anda yang berserakan.

Fokus pada proyek tertentu

Langka sekali kesempatan waktu yang memungkinkan Anda berkonsentrasi dengan lebih baik. Konsentrasilah pada proyek sukar tertentu yang bisa memanfaatkan dari perhatian Anda yang tak terpecah. (Diadaptasi dari “Turn an Email Outageinto a Productivity Boost oleh Gina Trapani)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/14770-tingkatkan-produktivitas-saat-email-tak-bisa-diakses.html