Budidaya Ikan Hias : Malabar Danio atau Giant Danio (Danio malabaricus)


Malabar Danio

Malabar Danio atau Giant Danio (Danio malabaricus) berasal dari India dan Ceylon. Ikan ini bersifat karnivora dan temperamennya sangat tenang. Suhu pemeliharaan yang baik sekitar 26-29° C. Panjang tubuhnya hampir mencapai 15 cm.

Pada samping kiri kanan tubuhnya berwarna biru yang semakin kuat di bagian atas dan terdapat garis horisontal kemerahan atau merah muda. Sementara di bagian perut berwarna merah muda. Sirip punggung merah muda. Ikan betina lebih besar atau gemuk dan warnanya lebih pudar daripada jantan.

Cara berkembang biak ikan ini hampir sama dengan ikan Zebra Danio, yaitu telurnya akan diletakkan di sarang berupa tanaman air. Telur tersebut dapat diambil bersama sarangnya untuk ditetaskan dalam wadah penetasan. Telur akan menetas dalam waktu 2-3 hari. Larvanya akan berenang sesudah tiga hari menetas.

Pakan larva ini berupa kutu air kecil yang kemudian dapat diberi kutu air besar. Setelah benih menjadi besar dapat diberi cacing sutera. Umur 2,5 bulan atau sudah mencapai ukuran 2,5 cm sudah bisa dijual.

sumber : Darti S.L dan Iwan D. Penebar Swadaya, 2006