Budidaya Ikan Hias : Severum (Cichlasoma Severum)




Severum



Severum (Cichlasoma Severum) berasal dari Guyana, Rio Negro, Sungai Amazon. Ikan ini bersifat sedikit karnivora mengarah ke omnivora. Spesies ini cukup besar, dapat mencapai 15 cm. Tubuhnya berwarna kuning kehijauan dan sangat cerah. Ikan muda sangat cantik, mirip diskus, karena bentuk badan dan siripnya agak membulat. Sirip punggung dan sirip perut betina lebih panjang dan runcing dibanding jantan.







Suhu optimal untuk pemeliharaan ikan ini sekitar 27-30° C. Sementara air yang baik untuk pertumbuhannya memiliki pH optimal sekitar 6,5-7,0 dan kesadahan sekitar 3° dH.
Cara pemijahannya hampir sama dengan Oskar. Hanya saja ikan ini membutuhkan pakan hidup seperti anak ikan atau udang yang lebih banyak saat masih berupa calon induk. Bila kurang pakan maka induk akan mudah sakit dan kualitas telurnya akan jelek (tidak menetas).





Sarang telurnya terbuat dari batu datar, potongan keramik, atau potongan paralon besar. Induk jantan maupun betina akan membersihkan sarang sebelum memijah.
Setelah berpijah, telur bersama sarangnya diambil untuk ditetaskan dalam akuarium atau kolam kecil. Penetasan akan berlangsung selama 2-3 hari dan larvanya akan berenang empat hari kemudian. Ukuran larva cukup besar sehingga dapat langsung diberi kutu air atau cacing sutera.
Pakan untuk pembesaran berupa cacing sutera dan anak ikan.




Pakan berupa udang kecil umum diberikan bila ukuran ikan sudah mencapai 3-4 cm. Pemberian udang agar warna merahnya cepat muncul. Ukuran mulai dijual sekitar 4 cm dengan lama pemeliharaan 3 bulan.




sumber:Darti S.L dan Iwan L. Penebar Swadaya, 2006