Penyakit lernaea

Penyakit lernaea

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Lernaea cyprinacea yang banyak menyerang ikan mas dan guppy. Bentuk tubuh parasit seperti cacing kecil yang dilengkapi alas jangkar sebagai pengait ke tubuh inang. Bila sudah tertanam di tubuh inangnya, parasit hanya tampak ekornya saja. Penyerangannya dengan mengisap darah sehingga ikan semakin kurus dan pucat.

parasit yang masuk ke tubuh ikan merupakan induk betina dan dapat mengeluarkan ratusan larva hanya dalam waktu 2-16 minggu pada suhu 25° C. Larva ini bukan merupakan parasit. Setelah besar, parasit ini akan kawin. Jantannya akan mati, sedangkan betinanya akan masuk dan menjadi parasit di tubuh ikan.

Tanda serangan parasit ini adalah adanya bentuk seperti jarum yang menempel di tubuh ikan zerta terkadang diikuti infeksi dan pendarahan di tempat tempelan.
pengobatan penyakit ini sangat sulit. Perendaman dalam larutan garam dapur berkadar 5 g/l hanya dapat menolong bila infeksi baru dimulai. Agar parasit tidak menulari ikan lain, kolam bekas ikan sakit direndam dengan pestisida Sumithion 0,01 ml/l air sebelum digunakan.

sumber : Darti S.L dan Iwan D.Penebar Swadaya, 2006