Penyakit ikan hias Akibat Cendawan / Jamur

Penyakit Akibat Cendawan

Penyakit cendawan pada ikan hias disebabkan oleh Saprolegnia sp. Cendawan ini menyerang telur ikan dan sebagai penyebab utama tidak atau kurangnya daya tetas telur ikan. Perkembangannya akan sangat cepat di tempat penetasan. Faktor penyebab adanya cendawan adalah luka akibat ikan saling bergesekan, penanganan kurang baik, suhu dingin, atau terlalu banyak pakan sehingga air menjadi kotor.

Tanda-tanda adanya serangan penyakit ialah terdapat benang-benang putih atau terkadang kecokelatan sampai hijau seperti kapas di tubuh ikan. Biasanya serangannya pada daerah kepala, tutup insang, dan sirip. Namun, serangannya biasanya paling sering terjadi pada ikan yang matang kelamin, benih, dan telur.

Pencegahan penyakit jamur adalah menjaga kebersihan, menghindarkan luka dengan penanganan yang baik, serta memberikan garam saat pengangkutan maupun ikan yang baru tiba. Sementara pencegahan serangan pada telur dengan memberikan metil biru 0,5-0,7 mg/f ke dalam media penetasan atau mencelupkan telur dalam larutan malachit green oxalat (MOO) sebanyak 0,2-0,3 mg/l selama sejam sebelum ditetaskan.


Sementara pengobatan ikan yang sudah terserang penyakit dapat dilakukan dengan perendaman dalam larutan MGO sebanyak 0,3 mg/l dan formalin 50 ppm selama 10-15 menit. Setelah direndam, ikan dipindahkan ke wadah berisi air bersih atau diberi air mengalir.

sumber : Darti S.L dan Iwan D. Penebar Swadaya, 2006