Budidaya Kedelai Wilis

Sarang-Komoditas Kedelai menjadi pilihan utama kelompok Tani Rahayu 2 desa Pelang Kecamatan Sarang. Khusunya budidaya tanaman kedelai wilis yang dikembangkan di lahan seluas 20 hektar.


Ketua Kelompok Tani Rahayu 2 desa Pelang Kecamatan Sarang Junaedi mengatakan, benih kedelai jenis wilis di peroleh dari bantuan pemerintah melalui Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) tahun 2011.


Di pilihnya jenis benih kedelai wilis di karenakan jenis tersebut sangat cocok di kembangkan, selain itu keunggulan dari hasil panen mencapai 1,3 ton per hektarnya. Penanaman yang melibatkan seluruh anggota kelompok tani dimulai dari tanam, perawatan, pemupukan dan nantinya pada saat panen dan pasca panen. Di mulai pada akhir Nopember 2011 dan di perkirakan panen pada akhir Pebruari 2012 mendatang.


Terpisah kordinator PPL Balai penyuluh pertanian BPP Kecamatan Sarang Sutarto menambahkan, pihaknya hanya memberikan bimbingan tehnis, mulai dari pengolahan lahan sampai dengan perawatan agar budi daya tanaman kedelai yang di kembangkan bisa berhasil, Saat ini harga jual kedelai Rp 6000 sampai dengan 7000 dengan biaya produksi sekitar 2 jutaan dalam satu hektarnya, sehingga kelompok tani masih bisa meraup untung. (Heri )