kandungan dan manfaat bunga kamboja


Bunga kamboja merupakan bunga yang indah, sehingga sekarang ini banyak kita jumpai pada pedagang-pedagang tanaman.  Ternyata di balik keindahan bunga kamboja ini ada kendungan dan manfaat untuk dijadikan obat untuk beberpa penyakit. Tak disangka bunga yang indah juga memiliki beberpa manfaat di bidang kesehatan. Berikut adalah kandungan dan manfaat bunga kamboja.
Kandungan dan Manfaat : Getah putihnya mengandung damar dan karet, yang mampu mengontraksikan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit. Tumbuhan ini juga mengandung fuvoplumierin yang mencegah pertumbuhan bakteri. Bunganya berkhasiat menurunkan panas, menghentikan batuk, meluruhkan air seni. Batangnya melancarkan buang air besar.
Kulit batang kamboja mengandung senyawa plumerid yang bersifat racun dan bisa digunakan untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah.
Catatan : Jangan sampai getah pohon kamboja masuk ke mulut atau kena mata karena dapat merontokkan gigi dan membutakan mata.
Kegunaan :
1. Bengkak
Sepotong kulit pohon kamboja ditumbuk halus, direbus dengan 6 gelas air sampai mendidih. Hangat-hangat rendam bagian tubuh yang bengkak.
2. Borok
Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat
3. Kutil
Oleskan 1 sendok teh getah pohon kamboja pada kulit beberapa kali selama beberapa hari sampai kutil hilang
5. Mengeluarkan Duri / Beling
Oleskan getah kamboja pada bagian yang sakit, maka benda yang masuk akan keluar.
6. Tumit pecah-pecah
Sepotong kulit kamboja direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Hangat-hangat rendamkan kaki yang saki
Nah demikian manfaat bunga kamboja dibidang kesehatan, so jika mengalami bebrapa masalah diatas, anda bisa menggunakan kamboja untuk mengatasinya. Cukup mudah bukan? Semoga berhasil dan semoga saja tulisan ini bermanfaat bagi anda semua.