Provinsi Jawa Barat | Perda No. 14 Tahun 2011


PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI 
WILAYAH KABUPATEN CIAMIS I
Jl. Jenderal Sudirman No. 231 Ciamis Tlp. (0265) 772656 Fax. (0265) 772656
e-mail : uppdxxixciamis@yahoo.co.id , cpdpwilkabciamis1@gmail.com
oleh : admin     |    tanggal :  2012-02-01 08:03:28






PENGUMUMAN
NOMOR 480/711-Dispenda

TENTANG
PEMBERLAKUAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
NOMOR 14 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH


Berkenaan dengan telah disahkannya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2011, Tentang Retribusi Daerah, bahwa sejak diundangkannya pada tanggal 31 Oktober 2011 Pemerintah Daerah telah menyediakan beberapa jenis jasa pelayanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat (Badan/Perorangan) yang tersebar luas di wilayah Provinsi Jawa Barat.
Jasa Pelayanan tersebut meliputi Jasa Umum, Jasa Usaha dan Perijinan Tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi atau Badan, adalah sebagai berikut :
I. Golongan Retribusi Jasa Umum
1. Pelayanan Kesehatan dilaksanakan oleh Rumah Sakit Jiwa Provinsi, Rumah Sakit Paru Provinsi Jawa Barat dan Balai Kesehatan Kerja Masyarakat, Balai Laboratorium Kesehatan dan Balai Kesehatan Paru Masyarakat pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.;
2. Pelayanan Laboratorium Kemetrologian, dilaksanakan oleh Balai Kemetrologian Bogor, Karawang, Cirebon, Bandung dan Balai Kemetrologian Tasikmalaya pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.
3. Pelayanan Pendidikan dalam bentuk pelayanan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis yang dilaksanakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Barat



II. Golongan Retribusi Jasa Usaha
1. Pelayanan atas Pemakaian Kekayaan Daerah yang meliputi sewa tanah dan Bangunan, Aula/Mess/Asrama/Gedung Pertemuan, Pelayanan Laboratorium Gedung Olah Raga/Sarana Olahraga (Lapangan Tenis, Lapangan Bulutangkis, Lap. Golf dan lain sebagainya) Pelayanan ini dilaksanakan oleh OPD (Dinas/Badan) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
2. Pelayanan Kepelabuhanan, Pelayanan yang diberikan di Pelabuhan dan Bandara Nusa Wiru Pangandaran, Pelayanan ini dilaksanakan Oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Perikanan.
3. Pelayanan Tempat Rekreasi dan Olahraga, Pelayanan yang diberikan di Tempat Rekreasi Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda Dago Pakar Bandung, Retribusi ini dilaksanakan Oleh Dinas Kehutanan
4. Pelayanan Penyebrangan di Atas Air, Pelayanan yang diberikan atas jasa Penyebarangan di atas Air, seperti Majingklak, Saguling, dan Kalipucang, Pelayanan ini dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat;
5. Pelayanan atas Penjualan Hasil Produksi Usaha Daerah, meliputi penjualan hasil produksi usaha Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Perkebunan. Retribusi ini dilaksanakan bersama-sama oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan dan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat.

III. Golongan Retribusi Perijinan Tertentu.
1. Pelayanan Ijin Trayek adalah pemberian izin pelayanan angkutan penumpang umum pada suatu atau beberapa trayek tertentu, antara lain ijin trayek lintas Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.
2. Pelayanan Ijin Usaha Perikanan adalah pemberian izin untuk melakukan kegiatan usaha penangkapan dan pembudidayaan ikan, meliputi Ijin Pembudidayaan ikan dengan keramba Jaring Apung, ijin Usaha Perikanan Tangkap di Laut, Ijin Usaha Penangkapan Ikan dan Ijin Usaha Pengangkutan Hasil Perikanan, retribusi ini dilaksanakan Oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat.


Untuk informasi lebih lanjut, tentang pelayanan retribusi tersebut diatas, yang meliputi alamat Pelayanan diberikan, tarif dan lain-lain dapat diakses di Web Site : www.dispenda.jabarprov.go.id atau www.birohukum.jabarprov.go.id

Dikeluarkan di Bandung
Pada Tanggal 31 Oktober 2011

KEPALA DINAS PENDAPATAN
PROVINSI JAWA BARAT,




Drs. H. BAMBANG HERYANTO, MSi
Pembina Utama Madya
NIP. 19581029 198601 1 002