Kita adalah Produsen Benih Komoditi Buah Paling Produktif

by ICHSAN K

Sebenarnya merupakan analisasederhana saja kenapa manusia adalah produsen benih komoditi buah-buahan palingproduktif sepanjang masa. Setiap hari, jam, menit maupun detiknya. Betapatidak. Bayangkan saja, berapa banyak penduduk yang ada dunia ini. Lalu setiapharinya berapa banyak pula masyarakat di seluruh penjuru negeri memakanbuah-buahan dengan beragam jenis. Jeruk, lengkeng, apel, anggur, pear, mangga,durian, rambutan, manggis, melon, semangka dan aneka buah lainnya. Buah-buahtersebut adalah komoditi hortikultura dengan hasil budidaya yang dapat langsungdipetik dan dikonsumsi. 
Dan sadar maupun tidak, mengaetahui atau tidak bahwakegiatan menikmati buah segar tersebut telah membuat kita melakukan ekstraksibenih tersebut.
Pic. by Ichsan K


Detailnya ialah bahwa prosesmenkonsumsi buah segar dengan memakan daging buah dan menyisakan bijinya samaartinya kita telah memproduksi benih komoditi tersebut.

Sekarang tinggal kita manusia memahami teknisnya agar dia dapat tumbuhsubur. Bukankah ini bagian dari belajar (golongan orang-orang yang berfikir-hadist-ayat).Apakah buah tertentu bisa langsung tanam setelah ektraksi yang kita lakukan,atau butuh waktu beberapa lama hari/ bulan untuk kemudian biji tersebutdilempar ke tanah sampai benih tersebut tumbuh, dipelihara sehingga menghasilkanbuah.