Forum kewaspadaan dini masyarakat disosialisasikan

Kaliori- Kantor Kesatuan Bangsa, politik dan perlindungan masyarakat (kesbangpollinmas) kabupaten Rembang, senin kemarin menyosialisasikan Forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) di pendopo kecamatan Kaliori. Kegiatan diikuti sebanyak 46 orang peserta dari sekretaris desa dan ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-kecamatan Kaliori.

Kepala kantor kesbangpollinmas-Kartono mengatakan, sosialisasi FKDM bertujuan untuk memberikan wacana kepada masyarakat mengenai kondisi kepekaan kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana serang (perang), bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia.


Kartono yang juga mantan camat Kaliori mengharapkan, dengan adanya forum FKDM nantinya dapat menampung atau mewadahi elemen-elemen masyarakat untuk mensikapi/ mewaspadai hal-hal yang akan dan sudah terjadi. Pasalnya kewaspadaan dini diperlukan agar bisa menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data-data dan kejadian.


Menurut Kartono pembentukan kepengurusan FKDM rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2013. Dengan kepengurusan terdiri dari kepala desa sebagai penasehat, sekretaris desa sebagai sekretaris FKDM dan anggota diambilkan dari tokoh-tokoh masyarakat.


Sementara itu camat Kaliori Mustholih menyambut baik adanya pembentukan forum FKDM, langkah ini sebagai antisipasi meminimalisir trerjadinya bencana. Salah satunya diharapkan bisa mengurangi bencana alam akibat ulah manusia seperti kebanjiran, dan penebangan liar tanpa adanya penanaman kembali (reboisasi).(Masudi )