kandungan dan manfaat buah nanas


Buah nanas merupakan buah yang cukup banyak diminati masyarakat diseluruh dunia. Ternayata selain buah ini memiliki rasa yang sangat enak. Buah ini jugamemiliki beberapa kandungan dan manfaat yang berguna dibidang kesehatan dan lain sebagainya. Berikut adalah beberpa kandungan dan manfaat buah nanas:
Kandungan dan Manfaat : Nanas mengandung dekstrose, globulin, sakarosa, asam organik, proteose, globulin dan bromelin. Walaupun belum ditemukan hasil percobaan, namun menurut Ny. Kloppenburg-Versteegh, sari nanas segar dianggap mendinginkan, membersihkan darah, memudahkan buang besar dan anticacing. Seratnya tidak baik bagi penderita gangguan lambung.
Nanas muda selain melancarkan pengeluaran air seni dan feses, juga mempengaruhi rahim. Ia meluruhkan haid dan bisa menggugurkan kandungan. Karena itu tidak dianjurkan bagi wanita hamil atau habis bersalin.
Kaum wanita di daerah Jawa Barat, banyak yang berpantang nanas, sebab menganggap nanas menyebabkan keputihan dan tidak baik bagi rahim.
Catatan : Penderita penyakit ginjal dan diabetes tidak dianjurkan makan nanas.
Kegunaan :
1. Sakit Perut akibat Makanan Tercemar,Diare disertai Mulas dan Panas di Dubur,Sakit Perut setiap habis Makan,Perut Kembung sehabis Makan,Menurunkan Berat Badan.
Nanas yang sudah masak dikupas, dibuang " matanya", diparut atau diblender. Saring atau peras. Airnya segera diminum sebanyak ½ gelas setiap habis makan.
2. Demam karena Panas Perut
Resepnya sama dengan no. 1. Diminum di antara waktu makan.
3. Demam
Resepnya sama dengan no. 1. Diminum 2x sehari, masing-masing setengah gelas.
4. Flu
Resepnya sama dengan no. 1. Diminum beberapa kali sehari. Jangan didinginkan.
5. Ketombe
Cara I : nanas muda dikupas, dibuang "matanya ", diprut. Lumatkan 12 helai daun galing ( Vitis trifolia L./ daun kapialun ). Campurkan. Diamkan 2 jam lalu saring dengan kain. Gunakan untuk membilas saat keramas. Ulangi sampai ketombe hilang.
Cara II : Nanas masak di parut, diperas. Gosokkan airnya ke kulit kepala setiap malam sebelum tidur. Keesokan paginya dikeramas.
6. Radang Tenggorokan
Resepnya sama dengan no. 1. sering-sering diminum sepanjang hari. Sekali minum tidak usah sekaligus, cukup ½ gelas saja.
7. Mulas karena Makanan Sulit Dicerna
Resepnya sama dengan no. 1. diminum sedikit demi sedikit
8. Buang Air Besar tidak teratur
Resep seperti no. 1. Diminum 1 sendok makan setiap habis makan.
9. Cacingan
1 nanas muda diparut, diperas. Tambahi 2 sendok madu atau sirup gula batu. Minumkan ke anak yang menderita cacingan.
Nah banyak bukan manfaat buah nanas dibidang kesehatan. Silahkan mencobanya jika anda mengalami hal diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya