ARTI PENTING PAKAN BAGI IKAN

ARTI PENTING PAKAN BAGI IKAN

KETERSEDIAAN PAKAN DALAM JUMLAH yang cukup, tepat waktu, dan bernilai gizi baik merupakan salah satu faktor yang sangat pen­ting dalam kegiatan usaha budidaya ikan. Penyediaan pakan yang tidak sesuai dengan jumlah ikan yang dipelihara menyebabkan laju pertumbuhan ikan menjadi lambat. Akibatnya produksi yang diha­silkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Pada dasarnya, sumber pakan bagi ikan peliharaan,. berasal dari pakan alami dan pakan buatan. Oleh karena jumlah pakan alami dalam kolam/perairan sangat terbatas dan kurang memadai (terutama untuk kegiatan budidaya ikan secara intensif maupun semiin­tensi) maka agar tercapai laju pertumbuhan ikan,yang baik perlu diberikan pakan tambahan atau pakan buatan sesuai dengan kebutuhan ikan.

Apabila laju pertumbuhan ikan baik maka waktu pe­meliharaan menjadi lebih singkat sehingga produktivitas kolam/per­airan juga meningkat karena periode produksi ikan yang dipelihara menjadi lebih pendek.

Permasalahan yang sering menjadi kendala yaitu penyediaan pakan buatan ini memerlukan biaya yang relatif tinggi, bahkan dapat mencapai 60-70% dari komponen biaya produksi. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menekan biaya produksi tersebut adalah dengan membuat pakan buatan sendiri melalui teknik yang sederhana dengan memanfaatkan, sumber-sumber bahan
baku lokal (termasuk pemanfaatan limbah hasil industri pertanian) yang relatif murah.

Di samping untuk memenuhi kebutuhan sen­diri, pakan buatan yang dihasilkan juga dapat dijual ke pasar/petani ikan lainnya sehingga dapat memberikan keuntungan ganda.
Pakan ikan sebaiknya mengandung beberapa zat gizi yang diperlukan, antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Sumber : Ir. M. Firdaus Sahwan M.M