Model kolam seperti apa yang biasa digunakan untuk memelihara koi?

- Model kolam seperti apa yang biasa digunakan untuk memelihara koi?


+ David Pool, dalam bukunya yang berjudul Hobbyist Guide to Succesful Koi Keeping, membagi kolam menjadi tiga bentuk dasar, yakni formal, informal, dan kolam plastik. Kolam model formal mirip dengan kolam renang, bergaya kaku dan terkesan resmi. Biasanya kolam formal berukuran luas dan dalam. Di sekelilingnya dicor dengan semen. Model ini sering menghadirkan air mancur, air terjun, dan berbagai patung sebagai aksen pemanis kolam.

Kolam model informal bersifat natural. Ornamen-ornamen alam seperti bebatuan gunung, pasir, tanaman hias, perdu, rumpus, atau border plant (tanaman pembatas) sering dipajang untuk menambah kesan alami. Intinya, kolam tersebut dibuat sealami mungkin, seolah-olah menghadirkan nuansa pegunungan atau perdesaan di halaman rumah.

Sementara itu, model kolam plastik umumnya berupa kolam yang sudah jadi dari bahan fiberglass dan tinggal dimasukkan ke dalam tanah. Kolam jenis ini tidak lazim digunakan di Indonesia. Biasanya para konsultan pembuat kolam akan membantu memilihkan model yang sesuai dengan luas dan bentuk taman. Ketiga model dasar kolam ini kemudian dikembangkan menjadi berbagai gaya, misalnya gaya Jepang, gaya Eropa, atau gaya Bali.

sumber : KOI revisi, 2002