PEMBERIAN TANDA PADA IKAN ( Marking )

PEMBERIAN TANDA PADA IKAN

Pemberian tanda pada ikan ada dua, macam:
Marking
Tagging


1. Marking

Marking yaitu pemberian tanda pada tubuh ikan bukan berupa benda asing. Tanda yang termasuk ke dalam kategori ini ialah pemotongan sirip, pemberian lubang pada tutup insang dan pemberian tatoo. Di antara tanda-tanda tesebut yang paling banyak digunakan ialah pemotongan sirip dan pemberian lubang, sedangkan cara yang satunya lagi jarang digunakan karena selain sukar dikerjakan juga, hasilnya tidak tahan lama.

Pemotongan sirip biasanya dilakukan terhadap sirip perut ikan yang sebelah kanan atau yang sebelah kiri. Ada juga yang memotong sirip lainnya. Yang harus diperhatikan dalam mengerjakan pekerjaan ini ialah penjagaan agar akibat dari pemotongan itu jangan sampai menjadi tumbuh lagi sehingga sukar mengenal sirip yang telah dipotong apabila ikan itu telah tertangkap lagi. Atau kalau tumbuh lagi bagian sirip yang dipotong hendaknya mudah dikenal bagian yang tumbuh baru itu. Juga akibat dari pemotongan itu jangan berpengaruh besar kepada tingkah laku ikan, sehingga ikan itu tidak wajar atau mudah ditangkap oleh mangsanya.
Pemberian lubang yang berbentuk bundar atau segi tiga dapat dilakukan pada tutup insang dengan menggunakan gegep kecil yang diatur khusus untuk keperluan itu. Tetapi hasilnya, karena ada kalanya lubang yang telah dibuat tertutup kembali dengan baik. ikan yang berlendir tebal pada tutup insangnya seperti ikan bandeng, mungkin sedikit susah menerapkan metode ini.

Sumber : M. Ichsan Effendie, 1997